Inilah Cara Membuat Layar Laptop Tidak Mati Secara Otomatis - Kelasinong

Thursday, December 16, 2021

Inilah Cara Membuat Layar Laptop Tidak Mati Secara Otomatis

Sebuah laptop umumnya memiliki pengaturan daya yang baik agar kinerjanya optimal. Misal, saat sedang tidak gunakan dalam jangka waktu tertentu, layar laptop akan mati dengan sendirinya tanpa mematikan mesin, sehingga mampu meminimalisir penggunaan daya. Untuk menghidupkannya kembali, cukup geser mouse atau tekan salah satu tombol keyboard.


Didiamkan lebih lama lagi laptop akan masuk ke mode sleep. Pada mode ini laptop akan menonaktifkan dirinya sementara waktu dengan tetap menyimpan tugas-tugasnya di dalam RAM. Perangkat dapat dihidupkan kembali (jika belum masuk ke mode hibernasi) dengan cara menekan tombol power atau salah satu tombol keyboard, lalu masuk kembali ke akun Anda.

Lalu apakah layar laptop bisa dihidupkan terus menerus? Tentu saja bisa. Anda dapat mengubah pengaturan daya laptop sesuai kebutuhan. Misal, jika Anda sedang mengunduh file yang berukuran sangat besar dan membutuhkan waktu unduh yang cukup lama, maka laptop harus dalam kondisi menyala agar proses unduh bisa tetap berlanjut.

Membuat layar laptop agar tidak mati bisa dilakukan dengan cara manual melalui sistem maupun dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah dua cara yang mudah dilakukan agar layar laptop tidak mati alias "on" terus.


Melalui Control Panel


Cara pertama untuk membuat layar laptop tetap hidup adalah dengan menyetel pengaturan daya baru. Anda dapat melakukan hal ini melalui Control Panel laptop (khusus Windows) Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pergi ke Control Panel > Hardware and Sound > Power Options, kemudian pilih menu "Change when the computer sleeps".
  • Pada pengaturan "Turn off the display" dan "Put the computer to sleep", ubah durasi waktunya ke "Never".
  • Kemudian klik "Save changes" untuk menyimpan pengaturan.

Sekarang layar laptop Anda akan tetap hidup meskipun sedang tidak digunakan.

Sebagai informasi, pengaturan "Turn off the display" berarti mengatur berapa lama waktu yang diperlukan untuk mematikan layar. Sementara pengaturan "Put the computer to sleep" berarti mengatur berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat laptop beralih ke mode sleep.

Memilih "Never" untuk kedua pengaturan tadi berarti layar laptop Anda akan terus hidup dan sistem tidak akan beralih ke mode sleep meskipun sedang tidak digunakan dalam jangka waktu lama.

Anda dapat melakukan restore ke pengaturan daya semula jika aktivitas yang membutuhkan layar yang terus menyala telah berakhir. Untuk melakukannya, Anda cukup mengklik opsi "Restore default settings for this plan".

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done